Saturday, June 15, 2013

Ramuan Tradisional untuk Tangan dan Kaki





Memutihkan Kaki

Ramuan Lemon
Lemon dikenal memiliki khasiat untuk memutihkan kulit. Terutama kulit gelap akibat sengatan sinar matahari. Jadi kamu bisa memilih lemon sebagai alternatif alami untuk kembali memutihkan permukaan kulit kakimu dengan cara mengusapkan lemon dan kemudian memijatnya perlahan, hindari bagian kulit yang terluka ya. Diamkan selama beberapa saat, kemudian bilas. Menang hasilnya tak bisa langsung terlihat. Tapi kalau dilakukan secara rutin kulitmu akan terlihat lebih segar dan perlahan akan kembali putih seperti sedia kala.

Ramuan Cuka
Untuk menggunakan ramuan ini kamu bisa meneteskan cuka pada seember air hangat sebanyak 2 sdm air lemon dan 1 sdm garam. Kemudian rendamlah kaki selama kurang lebih 30 menit dan gosok perlahan dengan garam di bagian kulit yang kasar dan hitam. Tak hanya itu ternyata ramuan ini juga bisa membantu menghilangkan bau tidak sedap pada kaki.

Ramuan Minyak Zaitun
Minyak Zaitun punya beraneka ragam manfaat untuk menghaluskan serta membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya adalah panaskan minyak zaitun kemudian massage ke seluruh bagian kaki. Untuk hasil yang maksimal pakailah feet scrub supaya kamu bisa melihat kotoran yang terdapat pada kaki terbawa melalui sisa scrub.

Ramuan Air Kelapa
Ini ramuan alami yang tidak hanya mudah didapat tapi juga mempunyai minyak manfaat. Coba pakailah air kelapa ini untuk berendam selam kurang lebih 10-15 menit sebelum mandi. Nutrisi yang terkandung dalam air kelapa inilah yang nantinya membantu memutihkan dan melembutkan kulit kaki.

 

Gula, madu, dan pisang
Ambil 4 sendok makan gula pasir, 4 sendok madu asli, dan buah pisang. Setelah itu, campurkan ketiga bahan tersebut dan aduk hingga merata. Gosokkan pada kulit kaki dan tangan sampai merata, kemudian diamkan selama beberapa menit dan bersihkan. 

Wortel 
Ambil beberapa wortel lalu parut dan campur dengan body lotion. Campurkan kedua bahan tersebut, lalu aduk hingga merata. Setelah itu, balurkan ke kulit tangan dan kaki dan diamkan beberapa menit. Karena wortel mengandung betakoren yang kaya bisa membantu menghilangkan noda hitam pada kulit. 

Kelapa 
Parutan kelapa dapat juga digunakan sebagai campuran scrub tubuh. Karena kandungan minyak yang terdapat dalam buah kelapa akan mengatasi keadaan kulit yang kering. 

Beras dan Minyak Zaitun
Ambil segenggam beras lalu tumbuk sampai halus dan campur dengan sedikit minyak zaitun. Campuran berbahan dasar tepung beras (Amylum oryzae) ini berguna untuk menghaluskan kulit serta memperlambat efek keriput. 

Kopi 
Kopi mengandung asam alami yang dapat dipercaya mampu mengencangkan dan melicinkan kulit. Caranya seduh kopi dengan air hangat lalu ambil ampasnya. 

Gula 
Butiran-butiran gula pasir juga bisa digunakan untuk scrubbing. Ambil dua sendok makan gula dengan buah-buahan yang anda suka (alpukat, strowberry, pisang) lalu campurkan keduanya. Tambahkan pula dua sendok makan madu pada campuran diatas. Ramuan ini akan membuat kulit lebih mulus dan bersinar.


Berikut langkah-langkah untuk melakukan scrub, diantaranya : 
Terlebih dahulu lap bagian kaki dengan menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat. Agar menghasilkan efek relaks beri tambahan beberapa tetes minyak esensial dengan aroma favorit yang anda suka seperti aroma pepermint, lavender atau sandalwood untuk menghadirkan efek menenangkan. Oleskan body scrub pada bagian kaki. Lakukan gerakan memutar searah jarum jam. 

Setelah melakukan scurubbing, cuci kaki dengan sabun mandi beraroma segar. Pijat ringan kaki untuk melancarkan perederan darah dan pakailah minyak esensial untuk memberikan efek lembab sekaligus melembutkan kulit. 

Penting!
Melakukan scrubbing dilakukan dua minggu sekali. Jangan dilakukan terlalu sering karena akan membuat kelembapan alami kulit berkurang.




Membuat Kaki Menjadi Halus

Bahan : 
  • 1 cangkir jus lemon
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • 2 sdm madu
  • 1/4 cangkir susu
  • 2 sdm madu
  • air  

Caranya:
  1. campur semua bahan dalam satu wadah. boleh juga Anda gunakan sebagai campuran dalam bak mandi Anda.
  2. rendam kaki Anda atau boleh juga seluruh badan Anda. sambil berendam, gosok bagian kaki yang terasa kasar dengan penggosok khusus untuk kaki.
  3. berendamlah kira 20 menit, lalu bilas dengan sabun. 
Anda boleh mengganti kayu manis dengan rempah yang lain, bisa juga minyak aroma terapi, atau air mawar. Lakukan perawatan ini minimal 2x seminggu.

Setelah menggunakan heels seharian, manjakan kaki dengan merendam kaki di dalam ramuan garam dan air hangat. Rasa lelah akan hilang, dan kulit menjadi lebih lembut.

 

Tumit halus dan tidak pecah-pecah

Gunakan lotion pada bagian tumit, kemudian tutup dengan kaus kaki sepanjang malam. Keesokan paginya tumit akan terasa lebih halus. Lakukan hal ini setiap pagi sampai tumit tidak pecah-pecah lagi.





Membuat Tangan Menjadi Halus

Kopi Bubuk, Gula, dan Minyak Zaitun
Ambil satu sendok makan gula dan satu sendok teh kopi. Letakkan di telapak tangan kamu dan tambahkan sedikit minyak zaitun, kalo ga ada bisa diganti dengan minyak goreng saja. Kemudian, usapkan kedua telapak tangan kamu kira-kira selama 30 detik. Basuh tangan dengan air sampai benar-benar bersih. Selanjutnya kamu pasti bakal langsung merasakan hasilnya.

Kulit Pisang
Berikut caranya. Oleskan kulit pisang ke telapak tangan kamu secara merata. Tunggu sampai kering. Kemudian bilas dengan air bersih. Lakukanlah cara ini sesering mungkin, maka telapak tangan kamu akan segera menjadi halus.

Buah Alpukat
Caranya adalah dengan mengambil buah alpukat yang sudah matang seperlunya. Haluskan daging buahnya. Kemudian usapkan ke telapak tangan sambil dipijat-pijat. Terakhir, bilaslah dengan air bersih. Kamu pasti akan merasakan telapak tangan kamu menjadi halus karena kandungan dalam buah alpukat berperan sebagai pelembab kulit.

Daun Pepaya
Caranya sebagai berikut. Kamu pilih daun pepaya yang masih muda atau pupus daun. Setelah itu, remas-remas daun pepaya tersebut hingga hancur dan lunak menggunakan tangan kamu. Kemudian biarkan selama kira-kira 10 menit. Cucilah dengan menggunakan air dingin. Ulangi cara ini setiap kali kamu akan mandi pagi dan juga sore. Hanya dalam beberapa hari saja, kamu bakal merasakan manfaatnya. Namun, yang perlu kamu ingat adalah jika telapak tangan kamu sudah cukup halus, untuk selanjutnya cukup lakukan cara ini sehari atau dua hari sekali saja, karena getah daun pepaya dapat membuat telapak tangan kamu terkikis. Mudah banget, kan caranya?

Ampas Kopi
Ambil sisa ampas kopi yang baru anda minum, kemudian gosokan ampas kopi tersebut pada telapak tangan anda beberapa saat, terakhir cucilah tangan anda dengan air. Lakukan hal ini setelah anda melakukan pekerjaan-pekerjaan kasar yang melibatkan telapak tangan anda.

Daun Pepaya
Ambil beberapa tangkai daun pepaya yang masih muda, cuci bersih, kemudian gosokan daun tersebut pada telapak tangan sampai daun tersebut hancur, diamkan selama kurang lebih 5 menit, lalu cuci telapak tangan sampai bersih.

Teh Sisa
Ambil teh yang akan dibuang (yang baru juga bisa sich), lalu rendam dengan sisa teh tersebut kedalam air, terakhir remas-remas telapak tangan anda kedalam rendaman air teh tersebut. Lakukan hal ini setiap pagi hari.




Meregenerasi kulit di tangan
Gunakan saja campuran 3 sdt gula dengan minyak (baik baby oil, minyak sayur, atau minyak zaitun). Kemudian scrub sambil dimassage perlahan.

Perawatan kuku
Pulaskan petroleum jelly, minyak kelapa atau minyak jarak dengan menggunakan kapas pada seluruh kuku. Tips ini dapat membantu kuku agar tetap kuat, tidak mudah patah dan bersinar.

Menghilangkan kutikula
Poleskan minyak kayu putih pada kapas, kemudian gosok-gosokkan pada seluruh kuku sehingga kutikula akan terlepas.

Agar siku dan lutut lembut dan tidak hitam
Bagian siku dan lutut biasanya kasar dan seringkali berwarna lebih gelap dari bagian lainnya. Untuk mengatasinya, gunakan campuran 3 sdm sari jeruk nipis, 1 sdt gula, dan air hangat. Poleskan semua ramuan pada bagian lutut dan siku sambil digosok perlahan. Diamkan, kemudian bilas dengan air dingin.



*Dari Berbagai Sumber




1 comment:

  1. ribet juga ya kalo cewe, semua bagian tubuh dirawat sampe detil banget...

    ReplyDelete