Monday, December 12, 2011

TIPS Merawat Tanaman




Pestisida Alami
Ambil segenggam penuh cabai keriting, kemudian haluskan dengan blender atau tumbuk. Campur dengan 500 ml air, kemudian jemur di bawah matahari selama beberapa menit. Saring dan masukan larutan cabai ke dalam botol sprayer.

Koran Bekas Penghilang Gulma Tanaman
Letakkan lembaran-lembaran koran di antara bedeng tanaman, di bagian tanah yang ditumbuhi oleh gulma. Sirami atau semprot dengan air sampai koran basah.

Mengusir Ulat pada Tanaman
Ambil secukupnya abu bakar yang biasanya ada di tungku atau Anda dapat membelinya di pasar. Kemudian taburkan abu kayu tersebut ke bagian tanaman yang diserbu ulat atau pada rumput yang dijadikan tempat tumbuh ulat tersebut. Lakukan berulang-ulang hingga tanaman atau rumput benar-benar terbebas dari ulat-ulat tersebut.

Menghilangkan Jamur pada Tanaman
Tebarkan tepung maizena di tempat-yempat yang terserang jamur. Bila tempat yang diserang jamur cukup luas, campurkan 150 g tepung maizena ke dalam 3 liter air, diamkan selama 1-2 jam. Kemudian saring campuran tersebut dan masukan airnya ke dalam botol penyemprot. Semprotkan ke tanaman buah atau bunga Anda secara merata. Jamur akan hilang dan tanaman Anda pun akan tumbuh dengan sehat.

Pupuk Alami untuk Anggrek
Ambil potongan daun dan batang petai cina muda. Setelah itu, tumbuk keduanya dan biarkan tercampur dengan sempurna. Setelah halus dan tercampur, taburkan ke tanaman anggrek. Selain itu, bisa juga dengan menumbuk dua tablet obat antibiotik, kemudian dimasukkan ke sprayer yang sudah diisi air. Semprotkan pada akar dan daun anggrek dan tunggu hasilnya.

Menyuburkan Tanaman dengan Kulit Bawang
Bagi Anda yang sering menggunakan bawang untuk memasak, jangan buang kulitnya. Seperti halnya teh dan kulit pisang, kulit bawang pun mampu menyuburkan tanaman. Caranya, mudah sekali. Kumpulkan sisa kupasan kulit bawang merah atau putih, kemudian rendam dalam air secukupnya selama satu malam. Esok harinya, siramkan air tersebut beserta kulit bawang ke tanaman. Lakukan terus secara rutin dan hasilnya pun dapat segera dinikmati.

Menyuburkan Tamanan dengan Ampas Teh
Taburkan ampas teh di sekitar tanaman sambil dibenamkan ke dalam tanah. Apabila menggunakan teh celup, buka dulu kertas yang membungkus amplas teh.

Menyuburkan Tanaman dengan Obat-obatan Kadaluarsa
Hancurkan obat-obatan hingga menjadi bubuk, lalu sebarkan di taman Anda secara merata. Niscaya tanaman Anda akan menjadi subur. Selain itu, bunga yang berkembang pun akan tampak semakin indah. Namun, pemberian obat-oatan tersebut jangan terlalu banyak karena akan menyebabkan tanaman mati.

Merawat Mawar
Siapkan beberapa batang kayu yang sudah kering, kemudian bakar hingga menjadi abu. Taburkan abu tersebut pada akar bunga mawar. Lakukan seminggu sekali secara rutin. Hasilnya, bunga mawar dirumah Anda akan tumbuh subur.


Membuat Bunga di Pot Tidak Cepat Layu
Campurkan 1 liter air dengan 1-2 sendok gula pasir. Aduk dan ratakan larutan tersebut. Setelah tercampur sempurna, semprotlah bunga yang sedang mekar di dalam pot dengan larutan gula pasir dan air atau ambil kulit pisang dan simpan selama beberapa hari. Setelah tampak kecoklatan dan tampak kering, tumbuklah hingga lembut,lalu taburkan tiap pagi dan sore pada tanaman bunga Anda.

Membasmi Rumput
Ambil garam halus secukupnya, kemudian taburkan ke tempat yang dikehendaki. Lakukan secara berulang. Rumput liar pun akan mati dan tidak akan tumbuh kembali.




*Dari berbagai sumber





9 comments: