Sunday, August 7, 2011

Tips Mengeringkan Luka Dalam Waktu 3 Hari

Telat, nih dapat info ini. Kalo nggak, kan, kemarin nggak stres mikirin luka yang nggak kering-kering.
Tapi nggak papa, deh di share aja. Kali aja berguna buat orang lain.



Tips mengeringkan luka dalam waktu 3 hari

1. Pada saat luka masih bernanah, sebisa mungkin bersihkan / keluarkan nanah yang terdapat dalam kulit yang menggumpal.
Caranya?
Ambil tissue, lalu basahi tissue dengan REVANOL, bersihkan sisa darah atau kulit yang mengelupas. Kemudian tissue yang masih basah tersebut di balutkan kedalam luka, lalu pencet luka tersebut hingga keluar nanahnya. Bersihkan nanah secara teratur agar luka anda tidak membengkak dan menyebar ke kulit / anggota tubuh yang lain. Lakukan pembersihan secara teratur (3 kali sehari)


2. Setelah luka dibersihkan menggunakan REVANOL, oleskan luka tersebut dengan salep / krim pengering luka. Salep / krim yang saya gunakan dan terbukti ampuh adalah HYDROCORTISON.
Krim ini bisa didapatkan di apotek. Salep ini terasa dingin jika dioleskan pada luka.
Hasilnya, luka akan cepat mengering dan membuat satu lapisan kulit yang baru dibawah luka sehingga mempercepat penyembuhan anda.

3. Setelah obat luar dilakukan, untuk mempercepat luka perlu melakukan penyembuhan dari dalam.
Obat yang digunakan adalah AMOXICILLIN dan DEXAMETHASON. Kedua obat ini diminum 2 x sehari selama penyembuhan luka.
Tapi waktu aku berobat dikasi tiga macam obat yaitu AMOXICILLIN, PROXONA, dan YEKAPONS (Asam Mefenamat)


Semoga bermanfaat dan cepat sembuh lukanya :)






*Dari berbagai sumber

27 comments:

  1. ass. mbak saya mau tanya, krim hydrocortison bisa dipakai buat luka herpes di kelamin nggak? soal nya di daerah situ kan luka nya susah keringnya. ada efek samping atau apakah justru berbahaya kalo pakai krim itu di luka yang terkena herpes? trims. trisnasuhardi@ymail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk herpes itu salepnya namanya acyclovir

      Delete
    2. kalau cuman minum obat tablet acyclovir, apa bermanfaat ga iak untuk pengeringan luka?

      Delete
    3. tidak. acyclovir hnya sbg antivirus herpesnya saja. untuk pengeringan luka nya bisa pake salep hidrokortison jg ko. klo mau lbh baik lg d seling salep antibakteri nya jg spt gentamycin atau garamycin salep agar tdk terjadi infeksi

      Delete
  2. ass. mbak saya mau tanya, krim hydrocortison bisa dipakai buat luka sunat gak ??

    ReplyDelete
  3. Hydrocortisone

    Indikasi:
    Menekan reaksi radang pada kulit yang bukan disebabkan infeksi seperti: eksema, dermatitis alergi, dermatitis seboreik, intertrigo, ruam "popok" pada bayi, pruritus yang tidak dapat diatasi dengan cara lain.

    Kontra Indikasi:
    - Penderita yang hipersensitif terhadap hidrokortison.
    - Inveksi virus.
    - Tuberkulosis kulit.
    - Pada akne, rosasea, dermatitis perioral dapat memperburuk keadaan.
    - Dermatitis atropik, dermatitis kontak, dermatitis alergik, pruritus anogenital dan neuro dermatitis.

    Komposisi:
    Tiap gram mengandung: Hidrokortison asetat 25 mg

    Sifat:
    Hidrokortison asetat adalah suatu senyawa antiradang dari golongan kortikosteroid yang sangat efektif untuk obat kulit. Pada penyakit kulit yang disebabkan oleh alergi, krim Hidrokortison Asetat akan segera memberi efek berkurangnya radang, rasa gatal dan sakit.

    Efek Samping:
    Pada penderita yang sensitif dapat timbul reaksi seperti: rasa terbakar, gatal, kekeringan, atropi kulit serta infeksi sekunder.

    Dosis:
    Dioleskan tipis pada kulit 2 - 3 kali sehari.
    Catatan: Krim dipakai untuk lesi basah.

    Peringatan dan Perhatian:
    - Bila terjadi iritasi, pengobatan harus dihentikan.
    - Pada wanita hamil, pemberian untuk jangka lama ataupun dosis besar tidak dianjurkan.

    Penyimpanan:
    Simpan di tempat yang sejuk serta terlindung dari cahaya.

    ReplyDelete
  4. berarti ngga apa apa, luka khitan di Olesin Krim Hydrocortisone?

    ReplyDelete
  5. untuk luga yang lebar apakah penanganannya samayah ???

    ReplyDelete
  6. tips yang sangat membantu....karena sekarang biaya berobat semakin mahal..

    ReplyDelete
  7. hydrocortyson yang berapa persen ya kalo buat luka tusuk ringan???

    ReplyDelete
  8. assalam..
    Trimakasih atas informasinya. Ini sangat bermanfaat bagi saya.. :)

    ReplyDelete
  9. maksih mba...aku sudah punya cuma kemarin pas mau pakai bener ga ini obat luka gores. baru ketemu jawabnya sekarang...

    ReplyDelete
  10. golongan kortison itu baiknya digunakan pada luka yang terjadi cz reaksi alergi...

    Penggunaan hidrokortison tidak masalah diberikan pada luka khinat, tapi saya pribadi lebih senang menggunakan salep golongan klorampenikol & gentamicin (antibiotik) saat sedang praktek di RS..

    Untuk obat oral biasanya di berikan : amoxilin atau ciprofloxacin 2 X 1, as. Mefenamat 3 X 1 dan dexamethason 3 X 1

    ReplyDelete
  11. Saya baru melakukan Operasi Kuku apa bisa di pakai obat ini utk pengering Lukanya ?

    ReplyDelete
  12. trimakasih ya mba atas segala informasinya.

    ReplyDelete
  13. Sedang praktek dg luka bekas jahitan.. bismillah semoga diberi kesembuhan.. aamiin
    makasih admin..

    ReplyDelete
  14. gimana kalo buat luka bekas jahitan melahirkan mba? bisa pake krim itu ga?

    ReplyDelete
  15. Klo luka lecet trus sdh brnanah,,bisa gak pakai salep itu?atw ad salep laen yg bs d'pakai?tlg infox mbak..cz lukaku sdh sminggu gak smbuh2 trxta sdh bernanah...

    ReplyDelete
  16. Makasi , klo abis cabut kuku , biar permukaan daging kulit kuku cpt kering ap sama obatnya? Cuz darahnya mresep kluar trus

    ReplyDelete
  17. mau tanya nih..kalo luka habis ketabrakan itu dikasih salepnya apa yak?? soalnya sudah 3 hari belum kering, sama masih terasa nyeri..

    ReplyDelete
  18. Mau nanya nih anak saya udah khitan , hari ke 7 ada nanah pada perban yang nempel ke kulit..gimana solusinya..?

    ReplyDelete
  19. infonya sangat bermanfaat. patut menyimpan obat-obatan tersebut sebagai bahan persiapan. nice info. :D

    ReplyDelete
  20. Pengelaman kami untuk obat luka, yang terbaik adalah pake Obat Luka Paling Ampuh.

    ReplyDelete