Monday, September 19, 2011

Manfaat Ampas Teh


Manfaat Ampas Teh

Berhubung tiap hari keluargaku minum teh, jadi ampas teh banyak sekali.
So, aku cari-cari manfaat ampas teh, jadi kan ampas teh nggak langsung dibuang gitu aja.

Cekibrot!




1. Menyegarkan Mata
Caranya: Lapisi ampas teh dingin dengan kain tipis bersih, letakkan diatas pelupuk mata. Bisa juga ampas teh langsung di letakkan di pelupuk mata. 


2. Mencerahkan wajah

Caranya: basuh muka setelah bangun tidur dengan air teh yang sudah dibiarkan hingga satu malam. Gunakan airnya sebagai pencuci muka, dan ampasnya sebagai scrub wajah agar sel kulit mati pada wajah Anda dapat terangkat. Biarkan beberapa menit hingga teh neresap ke dalam pori-pori kulit. Bilas hingga bersih dan keringkan.



3. Mengurangi Jerawat
Caranya: Buat masker atau pilling dengan cara menambahkan sedikit air kedalam ampas teh. Lalu gosokkan ke wajah dengan lembut sekitar 5 menit. Bilas menggunakan air bersih.
Note: Jangan gunakan masker ini jika jerawat sedang bernanah ya.



 4. Sebagai lulur

Caranya: Ampas teh didiamkan dahulu selama 1 malam. Jaga agar ampas tersebut tidak terkena kotoran dengan cara menutup tempat penyimpanannya. Gunakan ampas teh tersebut sama dengan cara penggunaan lulur. Ambil ampas teh sedikit demi sedikit balurkan ke sekujur tubuh, diamkan sebentar lalu mulailah lakukan pemijitan ke sekujur tubuh hingga kotoran-kotoran dan kulit mati yang ada di tubuh bisa terbuang.




5. Mencegah kerontokan
Caranya: keramaslah dengan teh basi. Keramas bisa dilakukan setiap pagi. 








6. Menghilangkan bau kaki tak sedap 

Caranya:
a. Campurkanlah cuka dan air hangat. Kira-kira perbandingan larutannya adalah 1:2. Rendamlah kaki dalam  campuran tersebut setiap malam selama beberapa hari. Bersabarlah hingga akhirnya bau kaki benar-benar hilang.
b.  Air teh hitam yang dingin. Rendam kaki setiap hari selama seminggu dalam air teh hitam agar tanin yang terkandung dalam teh hitam ini dapat membunuh bakteri di kaki dan menutup  pori-pori kaki.





7. Menyuburkan tanaman
Caranya: taburkan ampas teh di sekitar tanaman sambil dibenamkan ke dalam tanah. Apabila menggunakan teh celup, buka dulu kertas yang membungkus amplas teh.




8. Menghilangkan bau amis pada perangkat masak

Caranya: Setelah wajan atau panci dicuci bersih maka rebuslah ampas daun teh di dalamnya. Diamkan selama 20 menit maka bau amis atau aroma daging akan terserap oleh ampas daun teh.








9. Membersihkan perabot kayu 

Caranya: Seduh beberapa kantung teh celup dalam satu liter air panas, atau sesuaikan dengan kebutuhan. Biarkan beberapa saat hingga dingin. Ambil kain lap lembut, celupkan ke dalam larutan teh dan peras.
Gunakan kain lap tadi untuk membersihkan permukaan perabot kayu. Sesudahnya, keringkan dengan lap kering.



10. Membersihkan lantai

Caranya: Hampir sama dengan membersihkan perabot kayu. Siapkan larutan teh dan air. Ambil kain pel dan celupkan ke dalam air seduhan teh. Kemudian mengepellah seperti biasa.






Tapi dari semua tips diatas, 
yang paling asik adalah menikmati teh di pagi atau sore hari sambil bersantai :)










*Dari berbagai sumber googling di internet

17 comments:

  1. Informasinya bermanfaat, Anda penggemar teh? silakan kunjungi http://klorofilsehat.wordpress.com/2012/07/30/teh-kesehatan-teh-rooibos-sod/

    ReplyDelete
  2. nemu juga tips buat manfaatin ampas teh celup. kirain kalo ga teh tubruk ga bisa. thanks! keep sharing ^^

    ReplyDelete
  3. makasih... ini bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
  4. Saya sudah membuktikan khasiat teh untuk scrub wajah dan masker rambut..it is awsomazing..great..great great..kotoran wajah rontok..tp kulit wajah ga jadi kering spt scrub2 lain..untuk rambut..yang berminyak atau yang kering..kondisi rambut dinormalkan oleh masker teh basi..rambut jadi lebih bervolume

    ReplyDelete
  5. Bisa tahu?untuk lihat kesannya mengambil masa berapa lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak bisa dipastikan berapa lama karena harus teratur.

      Delete
  6. Mksih ya buat infonya,trnyta ada manfaatnya dari ampas teh itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih :)

      Banyak, loh manfaat dari ampas teh :)

      Delete
  7. Kalau untuk kompres mata enak banget. Setelah dikompres ampas teh, mata jadi segar dan ringan.

    ReplyDelete